MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA MASA PANDEMI COVID-19


Notice: Undefined index: file in /home/gusndolc/public_html/wp-includes/media.php on line 1675

Notice: Undefined index: file in /home/gusndolc/public_html/wp-includes/media.php on line 1675

Notice: Undefined index: file in /home/gusndolc/public_html/wp-includes/media.php on line 1675

Notice: Undefined index: file in /home/gusndolc/public_html/wp-includes/media.php on line 1675

Notice: Undefined index: file in /home/gusndolc/public_html/wp-includes/media.php on line 1675

Setiap tahun kepala sekolah membuat program supervisi akademik, hal tersebut dilaksankan sebagai bagian dari tugas pokok yang melekat pada jabatannya sebagai kepala sekolah. Di dalam program tersebut terdapat bagian yang berisi tentang ” Rencana Pelaksanaan Supervisi” yang akan di laksanakan pada tahun ajaran tersebut.

Tahun ajaran 2020-2021 yang sedang berlangsung sekarang ini berada pada situasi yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut adalah bahwa  tahun ini kegiatan pembelajaran berlangsung dari rumah melalui model ”daring” dikarenakan masih dalam situasi wabah Pandemi Covid-19.

Perbedaan model pembelajaran tersebut secara otomatis akan mengalami perbedaan pula dari cara dan teknik dalam merencankan pelaksanaan supervisi akademik yang akan dilaksankan.

Secara umum rencana pelaksanaan supervisi akademik berisi: 1) model, metode dan teknik pelaksanaan supervisi; 2) Jadwal pelaksanaan supervisi.

Pada masa pandemi saat ini tentu rencana pelaksanaan supervisi akademik mempunya perbedaan dengan rencana pelaksanaan supervisi akademik biasa/tidak berada pada masa pandemi covid-19.

Untuk dapat memahami  rencana pelaksanaan supervise akademik pada masa Pandemi Covid-19, di bawah ini terdapat contoh rencana pelaksanaan supervise akademik pada masa pandemic covid-19 di SMPN 4 Kotabaru, Karawang.

Pertama, Rencana pelaksanaan supervisi akademik perangkat pembelajaran.

Rencana pelaksanaan supervisi akademik perangkat pembelajaran yang akan dilaksankan masih dengan kegiatan tatap muka tetapi tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 yaitu dengan  menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dan membatasi jumlah guru dalam kelompok tersebut yaitu setiap kelompok terdiri dari lima orang guru. Kepala sekolah sebagai supervisor melaksanakaan supervisi perangkat pembelajaran dengan menggunakan instrumen yang ada.

Contoh Jadwal Rencana Pelaksanaan Supervisi
Perangkat Pembelajaran di SMPN 4 Kotabaru tahun 2020-2021 dapat dilihat di bawah ini:

Kedua, rencana pelaksanaan supervisi pemantauan RPP

Rencana pelaksanaan supervisi pemantauan RPP akan dilaksankan dengan tatap muka. Pelaksanaannya akan menggunakan protokol pencegahan penularan Covid-19 yaitu guru-guru akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 terdiri dari enam  mata pelajaran dan kelompok 2 terdiri dari lima mata pelajaran. Kelompok 1 akan dilaksanakan pada hari kamis, 16 juli 2020 mulai pukul 07.30-11.00 WIB dan kelompok 2 akan dilaksankan pada hari jumat, 17 juli 2020 mulai pukul 07.30 -11.00 WIB. Model pelaksanaannya adalah tukar RPP antar  guru mata pelajaran.  Penilaian menggunakan instrumen pemantauan RPP sesuai dengan aturan RPP yang di sederhanakan.

Contoh Jadwal Rencana Pelaksanaan Supervisi Pemantaun RPP di SMP N 4 Kotabaru Tahun 2020-2021 dapat dilihat di bawah ini

Ketiga, rencana pelaksanaan supervisi pelaksanaan pembelajaran

Rencana pelaksanaan supervisi pelaksanaan pembelajaran akan dilaksankan dengan daring yaitu kepala sekolah sebagai supervisor akan masuk kedalam kelas pembelajaran daring guru yang akan di supervisi. Kelas dari guru bisa berupa google classroom, Grup Whats App atau melalui daring lainnya. Selama pembelajaran daring berlangsung, kepala sekolah mengikuti pembelajaran untuk memberikan penilaian dengan menggunakan instrumen penilaian pembelajaran yang ada.

Terdapat perbedaan tahapan dalam melaksanakan supervisi pelaksanaan pembelajaran daring dengan tatap muka. Jika dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran tatap muka terdapat tahapan wawancara pra pembelajaran dan wawancara paska pembelajaran. Maka  pada saat supervisi pelaksanaan pembelajaran daring tidak dilaksankan tahapan wawancara pra observasi pembelajaran dan pasca observasi pembelajaran. Tetapi jika tahapan tersebut dianggap penting, bisa dilaksankan dengan daring melalui Zoom, Webex, atau aplikasi laiannya.

Contoh Jadwal Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di SMPN 4 Kotabaru tahun 2020-2021 dapat dilihat di bawah ini:

Keempat, rencana pelaksanaan supervisi penilaian

Rencana pelaksanaan supervisi penilaian akan dilaksanakan dengan cara tatap muka kelompok kecil yaitu dari 36 guru akan dibagi menjadi empat hari dan setiap hari akan dibagi menjadi dua tahap.

Contoh Jadwal Pelaksanaan Supervisi Penilaian Pembelajaran di SMPN 4 Kotabaru tahun 2020-2021 dapat dilihat di bawah ini:

Demikian tulisan saya tentang menyususn rencana supervisi akademik pada masa pandemi covid-19. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh : Ahmad Fadloli/ Pak Ndol-14102020

Leave a Reply

%d bloggers like this: