WORKSHOP PENULISAN SOAL PAS TAHUN 2020/2021

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan. Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masingmasing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik.

Berdasarkan kalender pendiidkan bahwa pelaksanaan PAS tahun jaaran 2020-2021 akan berlangsung mulai tanggal 30 November sampai 4 Desember 2020. Untuk menyiapkan pelaksanaan PAS yang akan dilaksankan pada akhir November tersebut, SMPN 4 Kotabaru mengadakan kegiatan workshop penulisan soal PAS. Kegiatan workshop penulisan soal PAS tersebut dilaksankan pada tanggal 13 November 2020 bertempat di Laboratorium TIK SMPN 4 Kotabaru tepatnya berada di lantai dua. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengawas pembina, kepala sekolah, dan guru-guru SMPN 4 Kotabaru  sebanyak 36 orang.

Untuk lebih jelasnya bagaimana kegiatan workshop penulisan soal PAS berlangsung, marilah kita cermati cerita  di bawah ini:

Kegiatan Pembukaan

Kegiatan pembukaan ini dipandu oleh bu Rofikoh,S.S sebagai pembawa acara. Mengawali kegiatan tersebut pembawa acara mengajak kepada semua yang hadir pada kegiatan tersebut untuk Bersama-sama membaca basmallah.

Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pandu oleh bu Istiqomah Faizah, S.Pd. Pada kesempatan tersebut Semua yang hadir berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya mengikuti Gerakan tangan bu Istiqomah sebagai diligent pada kegiatan tersebut.

Acara selanjutnya adalah sambutan oleh pengawas pembina yaitu bu Cucu Hadiati, S.Pd

Pada kesempatan tersebut, bu Cucu menyampaikan bahwa kegiatan workshop seperti ini sangat baik dan harus menjadi kebiasaan bagi sekolah sehingga guru-guru mendapatkan pemahaman terkait tugas dan pokonya sebagai guru seperti workshop yang dilaksankan sekarang ini karena Sebagian kecil guru yang mengikuti kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru yang dilaksankan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melalui pelatihan-pelatihan atau diklat. Untuk itu, kegiatan workshop atau IHT yang dilaksankan di sekolah akan sangat bermanfaat bagi guru-guru dalam meningkatkan kompetensinya. Selain itu, Bu Cucu juga memberikan penjelasan tentang aturan penilain di dalam kurikulum 2013 bahwa penialaian dalam krikulum 2013 aitu ada tiga yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Selanjutnya dia juga menatakan bahwa pada masa pandemic sekarang yang pembelajaran berlangsung secara daring maka penilain sikap dan keterampilan juga tetap harus dilaksankan. Nah, bagaimana cara guru menilai pada penilaian sikap dan keterampilan sementara pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara daring?. Selanjutnya adalah sambutan dari kepala SMPN 4 Kotabaru yaitu bapak Ahmad Fadloli.

Pada kesempatan tersebut pak Ahmad selaku kepala sekolah menyampaikan terima kasih kepada pengawas pembina yang sudah berkenan hadir untuka memberikan sambutan serta motivasi kepada guru-guru dalam rangka peningkatan kompetensi dalm penulisan soal yang benar sesuai dengan aturan. Selanjtnya kepala sekolah juga menyampaikan terima kasih kepada wakasek kurikulum yang sudah membuat program workshop, wakasek sarana yang sudah menyiapkan sarana kegaiatn mulai dari ruangan alat pengeras suara, konsumsi, serta sarana lain yang diperlukan dalam kegiatan workshop kali ini. Kepala seklah juga menyampaiakan terima kasih kepada guru-guru yang sudah hadir dalam kegiatan ini. Acara selanjutnya adalah berdoa yang dipimpin oleh pak Soni Wijaya selaku guru Agama di Sekolah ini. Selanjutnya pembawa acara menyampaikan bahwa acara pembukaan sudah selesai. Sebelum menutup acara pembukaan, pembawa acara menyampaikan bahwa sebelum acara inti dimulai, semua peserta kegiatan di berikan waktu istirahat selama lima belas menit untuk cooffe break sambil menunggu kegiatan inti di mulai.

Kegiatan Inti

Apersepsi

Sebagai pemateri pada kegiatan penulisan soal PAS yang dialksanakan di SMPN 4 kotabaru adalah pak Ahmad Fadloli yang akarb di panggil Pak Ndol. Sebelum Kegiatan dimulai, pak Ahmad mengawali  dengan permainan Kahoot. Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti permainan Kahoot yang di sajikan oleh pemateri karena dalam permainan ini peserta yang masuk menjadi pemenang sebagai juara 1,2, dan 3 diberikan hadiah berupa uang, masing-masing juara 1 mendapatkan uang serratus ribu, juara dua dan tiga masing-masing mendapatkan hasiah uang sebesar limapuluh ribu rupiah.

Permainan kahoot dengan sepuluh pertanyaan tersebut selain bermanfaat untuk menghangatkan suasana, juga bermanfaat untuk melihat kesiapan peserta terhadap materi yang akan di sampaikan. Keseruan peserta dalam menjawab Sepuluh pertanyaan yang diberikan pada permainan tersebut  dapat di lihat dalam video di bawah ini.

Sebagai juara dalam permainan kahoot tersebut adalah  juara satu bu Cucu Hadiati (Pangawas Pembina), juara ke dua adalah bu Diana Kartikasari, Juara ke tiga Ulfah Hasanah. Tetapi terjadi perubahan sekenario pembagian uang hadiah di karenakan bu Cucu memberikan uang hadiah juara satu kepada guru yang lain. Dengan demikian maka, pembagian hadih menjadi empat orang dan masing- masing mendapatkan uang sebesar lima puluh ribu rupiah. Mereka adalah Bu Diana sebagai peringkat ke dua, Bu Ulfah peringkat ke tiga, Bu Friska peringkat ke empat, dan bu Irma peringkat ke lima.

Materi Inti

Mengawali materi tentang pembuatan soal PAS tersebut, pak Ndol mengawali dengan menayangkan slide berupa later belakang:

  • Sebagian besar guru SMPN 4 Kotabaru belum mendapatkan pelatihan penyusunan soal sesuai aturan
  • Kebiasaan para guru langsung membuat soal untuk diteskan tanpa membuat terlebih dahulu kisi-kisi 

Dilanjutkan dengan Tujuan dari kegiatan :

  • Setelah menyimak materi dan berdiskusi, guru dapat mengisi kisi-kisi penilaian dengan benar
  • Setelah menyimak materi dan berdiskusi, guru dapat mengisi kisi-kisi penulisan soal kognitif dengan benar
  • Setelah menyimak materi dan berdiskusi, guru dapat mengisi kisi-kisi penulisan soal psikomotor dengan benar
  • Setelah menyimak materi dan berdiskusi, guru dapat menulis soal pilihan ganda  dengan benar

Selanjutnya, pak Ndol menjelaskan tentang landasan dari penulisan soal.

Dia mengatakan bahwa Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan bagian dari penilaian hal tersebut sesuai dengan Permendikbud nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian. Di dalam Permendikbud no 23 tahun 2016 pada pasal 2 disebutkan  bahwa Penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas: a. penilaian hasil belajar oleh pendidik; b. penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan c. penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Selanjutnya pada pasal 4  ayat 1 disebutkan bahwa Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Dan ayat 2 disebutkan bahwa Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan untuk menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran.  Selanjutnya, terkait dengan prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik terdapat pada pasal 13. Di dalam pasal tersebut disebutkan bahwa prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik dilakukan dengan urutan:

  1. menetapkan tujuan penilaian dengan mengacu pada RPP yang telah disusun;
  2. menyusun kisi-kisi penilaian;
  3. membuat instrumen penilaian berikut pedoman penilaian;
  4. melakukan analisis kualitas instrumen;
  5. melakukan penilaian;
  6. mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penilaian;
  7. melaporkan hasil penilaian; dan
  8. memanfaatkan laporan hasil penilaian

Sebelum lebih jauh membahas penulisan soal pak Ndol menyampaikan kepada peserta workshop sebagai berikut:

bahwa kita harus memahami dulu SKL, KI, dan KD karena sebelum masuk ke materi workshop tentang penulisan soal PAS sekarang ini seyogyanya terlebih dahulu kita sudah memahami dan sudah mealaksankaan   analisis terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD). Nah pada permainan kahoot sebelum materi tadi ada soal tentang SKL dan KI, dari permainan tersebut dapat dilihat bahwa masih banyak jawaban peserta yang kurang tepat. Olehkarena itu, untuk mengingat Kembali, marilah kita cermati dahulu SKL di bawah ini:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Mampu mengaitkan pengetahuan diatas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Selanjutnya kata pak Ndol “marilah kita cermati Kompetensi Inti (KI) 3 ” di bawah ini:

 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,  budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Selanjutnya kata pak Ndol “marilah kita cermati Kompetensi Inti (KI) 4” di bawah ini:

Memiliki kemampuan berpikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

Selanjutnya pak Ndol mengajak kepada para peserta kegiatan untuk mencermati SK: dan KI atas dengan ucpan yang khasnya yaitu” ibu dan bapak mari kita sama-sama cermati selama 3 menit. Setelah itu, kita akan berdiskusi terkait perbedaan subtansi dari SKL, KI3, dan KI4 yang ada di slide tersebut”

Begitu seterusnya sampai kegiatan selesai penyampaian materi.

Sesuai dengan susunan acara bahwa duapuluh menit sebelum kegiatan berakhir peserta kegiatan mengumpulkan tagihan berupa kisi-kisi dan soal yang sudah di kembangkan sesuai dengan kelompok masing-masing dan sesuai dengan tujuan kegiatan yang ke empat yaitu Setelah menyimak materi dan berdiskusi, guru dapat menulis soal pilihan ganda  dengan benar.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, 30 menit sebelum kegiatan berakhitr yaitu tepatnya pukul 15.00 WIB. pak Ndol membagikan link kepada peserta sebagai wahana pengumpulan tagihan.

Contoh dari hasil link yang d bagikan oleh pak Ndol dapat di lihat di bawah ini.

Tepat pukul 15.30 WIB kegiatan workshop penulisan soal PAS di SMPN 4 Kotabaru yang berlangsung tanggal 13 november 2020 di tutup oleh pak Ndol sekaligus sebagai kepala sekolah di sekolah tersebut. Tidak lupa beliau mengucapkas selamat berakhir pekan dan berpesan kepada seluruh guru bahwa aktivitas pembelajaran masih berlangsung dengan Daring dimulai lagi hari senin, 16 november 2020 dan berakhir pada tanggal 29 november 2020.

Gusndol_06122020

Leave a Reply

%d bloggers like this: