KOMPONEN KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (KOS) DI KURIKULUM MERDEKA

Penulis: Ahmad Fadloli

Kepala SMPN 4 Kotabaru, Karawang

Diterapkannya kurikulum “Merdeka” secara mandiri bagi sekolah diluar Program Sekolah Penggerak (PSP) mulai tahun ajaran 2022/2023 berimplikasi kepada banyak hal. Diantaranya adalah perubahan dokumen kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum Operasional Sekolah (KOS). Dengan demikian dapat dimaknai bahwa di sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka hanya di jenjang kelas 7 atau di kelas 7 dan 8, maka sekolah tersebut mempunyai dua dokumen kurikulum yaitu dokumen KTSP bagi jenjang kelas yang masih menerapkan kurikulum 2013 dan dokumen KOS bagi jenjang kelas yang Sudah menerapkan kurikulum merdeka.

Keadaan seperti ini merupakan keadaan yang lumrah karena setiap ada perubahan kurikulum tidak otomatis semua jenjang menerapkan kurikulum yang baru. Misalnya perubahan kurikulum 2006 ke kurikulum 2013. Saat itu di tahun 2013 semua sekolah menerapkan kurikulum di kelas awal sehingga secara otomatis terdapat dua dokumen kurikulum di satuan pendiidkan. Dan selanjutnya yang beredar ada Satu dokumen berisi dua kurikulum dan ada juga dua dokumen karena satu dokumen digunakan untuk satu kurikulum. Menurut pendapat saya bahwa mau dipisahkan menjadi dua dokumen atau di satukan menjadi satu dokumen yang di dalamnya terdapat dua kurikulum oke-oke saja karena yang terpenting adalah kejelasan program yang ada di dalamnya. Selain itu, komponen isi dari dua dokumen kurikulum yang berbeda tersebut masih sama serta jumlah dokumennya juga sama.

Sebagai ilustrasi bahwa perubahan kurikulum 2006 ke 2013 tidak berpengurh terhadap dokumen KTSP adalah sebagai berikut: Isi dokumen I KTSP terdiri dari: Pendahuluan (Latar Belakang, Landasan, Prinsip, Tujuan); Visi, Misi, Tujuan; Struktur dan Muatan Kurikulum (Struktur Kurikulu, muatan kurikulum, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, Kriteria Ketuntasan Minimal, penilaian, remedial, pengayaan, kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan, Kecakapan hidup, Pendidikan berbasis keunggulan local dan global. bisa dtambahkan dengan Literasi, PPK, manajemen jam mengajar, dll); Kalender Pendidikan; Penutup. Komponen tersebut berlaku sama dengan dokumen KTSP untuk kurikulm 2006. Perbedaan yang muncul adalah di dokume II yaitu silabus dan III adalah RPP. Bahwa di kurikulum 2006, dokumen II dan III menjadi satu yang Bernama dokumen II sedangkan di kurikulum 2013 di pecah menjadi dokumen II dan III.

Sedangkan komponen KOS dari ”Kurikulum Merdeka” adalah terdiri dari: Karakteristik Sekolah (Karakteristik lingkungan, Sosial budaya, peserta didik); Landasan; Visi, Misi, dan Tujuan; Pengorganisasian Pembelajaran; Rencana Pembelajaran (Pembelajaran  Intra kurikuler, pembelajaran proyek); Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan Profesional; Penutup; Lampiran.

Lebih jelasnya perbandingan komponen KTSP dengan komponen KOS dapt kita cermati pada table di bawah ini:

Tabel Perbandingan Komponen KTSP dengan Komponen KOS

NoKompoen KTSPKomponen KOS
1Pendahuluan (Latar Belakang, Landasan, Prinsip, Tujuan)Karakteristik Sekolah (Karakteristik lingkungan, Sosial budaya, peserta didik)
 
2Landasan
3Visi, Misi, dan TujuanVisi, Misi, dan Tujuan
4Struktur dan Muatan Kurikulum
(Struktur Kurikulum, muatan kurikulum, pengembangan diri, pengaturan beban belajar, Kriteria Ketuntasan Minimal, penilaian, remedial, pengayaan, kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan, Kecakapan hidup, Pendidikan berbasis keunggulan local dan global. bisa dtambahkan dengan Literasi, PPK, manajemen jam mengajar, dll)
Pengorganisasian Pembelajaran
 
5Rencana Pembelajaran (Pembelajaran  Intra kurikuler, pembelajaran proyek)
6Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan Profesional
 
7Kalender Pendidikan
8PenutupPenutup
9Lampiran

Dari table perbandingan komponen KTSP dengan KOS tersebut di atas dapat kita cermati bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut dapat kita cermati dari komponen nomor 1 yaitu di KTSP dimulai dengan pendahuluan sedangkan di KOS dimulai dengan karakteristik satuan pendiidkan. Perbedaan lain dapat kita cermati dari pembelajaran, di kurikulum merdeka dengan KOS-nya ada pembelajaran proyek. Perbedaan yang paling menonjol adalah  di  komponen Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan Profesional.

Pertanyaannya adalah: Dimanakah letak perangkat pembelajaran?

Kita tentu sudah memahami jika di dokumen KTSP  kurikulum 2013 bahwa perangkat pembelajaran terpisah dengan dokumen I yaitu silabus ada di dokumen II dan RPP ada di Dokumen III. Dokumen II memuat seluruh silabus yang ada di semester atau tahun tersebut sehingga dokumen II cukup tebal untuk dijilid. Bagimana dengan dokumen III? Wah, bisa dibayangkan ketebalan dokuemen III yang merupakan RPP dari seluruh mata pelajaran satu semester, sampai-sampai tidak bisa dijilid. Maka, untuk penjilidan dokumen III biasanya dilakukan setiap mata pelajaran, jadi minimal ada 11 buku dokumen III. Tidak demikian dengan dokumen KOS.

Dokumen KOS di kurikulum merdeka hanya ada satu dokumen dan lampiran. Lampiran berisi peraturan-peraturan yang terkait denga isi dokumen KOS dan ditambah dengan satu atau lebih modul ajar dari setiap mata pelajaran dan modul proyek pelajar Pancasila dengan jumlah sesuai dengan jenjang sekolahnya, misalnya untuk jenjang SMP disyaratkan melaksankan tiga proyek profil pelajar Pancasila dalam satu tahun ajaran. Ndol, 01062022

Bahan Bacaan:

Materi Diklat Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak Angkatan I tahun 2021

1 thought on “KOMPONEN KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (KOS) DI KURIKULUM MERDEKA

Leave a Reply

%d bloggers like this: