PENGUATAN KEP. SEKOLAH MODUL 1. LITERASI DIGITAL

Modul yang disusun oleh TIM:

Rizki Trianto Rakhim, M.Cs ; Ady Saefudin, S.Pd.; Tri Haryatmo, M.Pd.; Setyo Hartanto, M.Kom.; Yane Hendarrita, M.Si.; Intan Rahima Sary, S.St.Pi., M.Si.  

Modul Literasi Digital berisi Materi tentang: Mengoperasikan perangkat lunak microsoft office; Menggunakan layanan/aplikasi internet; Memilih media sumber belajar digital dari internet. Materi Literasi digital  merupakan materi yang penting bagi kepala sekolah karena dalam melaksanakan tugas keseharian sebagai manajer, supervisor, wirausahawan memerlukan kemapuan digital untuk merencanakan program, melaksanakan program, evaluasi program, serta tindak lanjut program yang merupakan tugas pokok kepala sekolah. Untuk melaksanakan semua itu kepala sekolah selalu bersentuhan dengan program-program yaitu microsoft word, microsoft exel, microsoft power point, dan pemanfaatan internet.

Berdasarkan pengalaman mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah yang dilaksanakan pada tanggal 7-14 november 2019 bertempat di hotel Takasyimaya, Lembang, Bandung,   masih ada sebagian kepala sekolah yang kemampuan literasi digitalnya masih rendah, walaupun demikian semangat untuk bisa yang luarbiasa menjadikan motivasi dan mempercepat mengejar ketinggalan terhadap kemampuan digital tersebut. Selain itu,    semangat untuk mengejar menjadi bisa tersebut menjadikan kegiatan pembelajaran materi literasi digital ini  hidup. Begerak kesana bergerak kesini untuk bertanya membuat kondisi kelas ramai belajar. Narasumber bergerak kesana bergerak lagi kesini terus bergerak. Peserta dengan kemampuan lebih akhirnya membantu peserta diklat yang lain. Pembelajaran tutor sebaya menjadi bagian dari materi literasi digital. Kondisi seperti ini sangat baik karena terjadi saling berbagi pengalaman, berbagi informasi, dan saling berbagi pengetahuan dalam belajar. Hal ini menjadi poin tersendiri untuk dilanjutkan pada materi diklat selanjutnya.

Lebih lengkapnya materi literasi digital dapat di unduh di bawah ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: