KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR


Notice: Undefined index: file in /home/gusndolc/public_html/wp-includes/media.php on line 1675

Tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan kebudayaan(Kemendikbud) meluncurkan program untuk kepala sekolah yang diberi nama ” Program kepala sekolah pembelajar“. Proram tersebut sesuai dengan kompetensi kepala sekolah berdasarkan Permendiknas nomor 13 tahun 2007 yaitu kompetensi manajerial. Agar program tersebut dapat berlangsung, Kemendikbud mengembangkan modul program kepala sekolah pembelajar yang digunakan sebagai panduan bagi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensinya.

Sesuai dengan namanya, modul kepala sekolah pembelajar dikembangkan dengan konsep agar kepala sekolah dapat belajar dengan mandiri. jika kepala sekolah membuka dan mempelajari modul tersebut, secara otomatis kepala sekolah akan di arahkan dan dipandu untuk melaksankan kegiatan yang sudah biasa dan menjadi bagian dari tugas kepala sekolah sehari hari. Dengan kata lain bahwa modul tersebut sekaligus berfungi sebagai fasilitator dalam melaksankaan kegiatan secara mandiri. Dengan mengikuti petunjuk dan arahan serta melaksanakan seluruh rangkauian kegiatan secara tuntas, maka kompetensi kepala sekolah dibidang tersebut akan mengalami peningkatan.

Ada 10 modul yang sudah dikemangkan dalam rangka pelaksanaan program tersebut. Adapun 10 modul tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pengelolaan Peserta Didik Baru (PPDB}
  2. Pengelolaan Administrasi Sekolah
  3. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah(RKAS)
  5. Pengembangan Sekolah
  6. Pengelolaan Kurikulum
  7. Peningkatan Kualitas Pembelajaran
  8. Pengelolaan Sarana dan Prasarana
  9. Kewirausahaan
  10. Supervisi Akademik

Leave a Reply

%d bloggers like this: