PERENCANAAN BERBASIS DATA DAN SUMBER DAYA SEKOLAH

Ditulis: Ahmad Fadloli

Kepala SMPN 4 Kotabaru

Kepala sekolah mempunyai tugas untuk meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya. Peningkatan kualitas sekolah tersebut adalah untuk memberikan layanan prima kepada peserta didik dalam rangka  peningkatan kualitas pembelajaran yang bermuara kepada peningkatan kualitas mutu lulusan. Untuk dapat mewujudkan kondisi tersebut, diperlukan adanya perencanaan yang baik dan berkualitas.

Perencanaan dikatakan baik jika rencana yang di susun untuk meningkatkan kualitas sekolah di dasarkan kepada permasalahan-permasalahan yang nyata yang ada di sekolah  dengan melalui berbagai pendekatan dan strategi dalam mengumpulkan data-data. Sedangkan kualitas perencanaan didasarkan kepada kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam proses perencanaan peningkatan kualitas sekolah dan didasarkan pada sumber data yang valid  untuk membuat perencanaan tersebut.

Untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan Perencanaan Berbasis Data dan Sumber Daya Sekolah (PBD&SDS), Kemendikbudristek melalui Pelatih Ahli mengadakan diklat PBD&SDS terhadap sekolah penggerak Angkatan I. Kegiatan dilaksankan selama 4 hari mulai hari senin-kamis, 7-10 Februari 2022. Kegiatan berlangsung secara daring melalui zoom meeting dimulai pukul 13.00 Wib sampai pukul 17.00 Wib. Peserta kegiatan adalah kepala sekolah dan satu orang perwakilan dari komite pembelajaran. 

Peserta yang mewakili SMPN 4 Kotabaru untuk mengikuti kegiatan ini adalah Ahmad Fadloli selaku Kepala Sekolah dan Yuni Windari selaku Perwakilan komite pembelajaran.  SMP N 4 Kotabaru dalam mengikuti kegiatan kali ini berada satu kelompok dengan SMPN 1 Cikampek, SMPIT Sehati Bina Insani, SMPIT Gita Wira Bangsa   dan SMAN 1 Cikampek di bawah bimbingan Pelatih Ahli ibu Hj. Imas Suminar.

Kompetensi yang ditingkatkan dari kegiatan pelatihan PBD dan SDS sekolah penggerak Angkatan I ini adalah bahwa setelah selesai kegiatan, peserta pelatihan dapat memahami (1) Kerangka dan Struktur Profil Pendidikan;(2) Indikator Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah; (3) Platform Raport Pendidikan; (4) Permasalahan Perencanaan dan Mekanisme Perencanaan Berbasis Data di satuan Pendidikan; (5) Metode Identifikasi Masalah dan Akar Masalah; (6) Penyusunan Perencanaan Peningkatan Mutu di Satuan Pendidikan; (7) Pelaksanaan Perencanaan Monitoring dan Evaluasi; dan (8) Platform Teknologi.

Karawang, 27 Februari 2022

@gusndol

Leave a Reply