Efektifitas Pembelajaran Melalui Lesson Study

Menjadi fasilitator lesson study sejak tahun 2008 sampai 2013 tentu banyak cerita yang bisa di sampaikan kepada pembaca terutama cerita tentang kegiatan lesson study. Jika kita bercerita tentang kegiatan lesson study tentu tidak lepas dari kegiatan Plan, Do, dan See. Tetapi selain cerita Plan, Do, See tersebut, terdapat cerita sebagai lanjutan dari kegiatan rutin lesson study yaitu cerita pada saat menjadi guru model, cerita menjadi pengamat dalam pembelajaran, dan juga cerita menjadi fasilitator dalam kegiatan.

Bercerita tentang menjadi fasilitator dalam kegiatan lesson study, tentu sudah tidak asing lagi bahwa kita di tugaskan untuk memfasilitasi kegiatan lesson study di kelompok MGMP/KKG. Tetapi cerita kali ini adalah cerita menjadi pembicara pada seminar yang bertajuk: Efektifitas pembelajaran melalui lesson study.

Tepatnya pada hari rabu, 23 november 2011 kami( Ahmad Fadloli dan CucuRatnaningsih) dipercaya oleh Sampoerna Foundation untuk menjadi pembicara pada seminar yang diberi tema Efektifitas pembelajaran melalui lesson study.

Peserta yang hadir dalam kegiatan seminar tersebut adalah guru-guru SMA se Kabupaten Karawang, Pengawas SMA, Kepala SMA dan pejabat dari lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang.

Seminar tersebut dilaksankan dalam rangka memperkenalkan kegiatan Lesson Study pada jenjang SMA karena selam sekian tahun kegiatan lesson study terfokus pada jenjang SMP/MTs.

Sebagai bukti bahwa kami terlibat dalam kegiatan tersebut dapat di lihat pada file di bawah ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: