MGMP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) BER”LESSON STUDY”.

http://ahmadfadloli.blogspot.com/search/label/Pembelajaran

Hari ini, Selasa, 17-2-2015 bertempat di SMPN 1 Purwasari dilaksanakan open class matapelajaran PAI. Sebagi guru model pada kegiatan lesson study hari ini adalah Ibu Rani Farida, S.Ag. Beliau adalah guru kelas 8 mata pelajaran PAI yang mengajar di SMPN 1 Purwasari. Sebagai moderator pada kegiatan kali ini adalah Ahmad Fadloli. Beliau sebagai fasilitator lesson study Kabupaten Karawang dan juga sebagai fasilitator lesson study Provinsi Jawa Barat. Sebagai notulen adalah ibu Nurhidayah.

Pra Open Class

Pra open class adalah tahapan kegiatan lesson study sebelum pembelajaran dilaksanakan. Bertempat diruang perpustakaan SMPN I Purwasari,Pukul 10.00 WIB kegiatan pra open class dimulai. Pak Ndol, panggilan akrab dari Ahmad Fadloli mengawali kegiatan dengan pertanyaan” Siapakah diantara bapak/ibu yang pernah mengikuti kegiatan lesson study(LS)? Semua peserta MGMP PAI yang hadir menjawab belum pernah. Karena belum pernah mengikuti kegiatan LS, hari ini waktunya bapak/ibu bukan hanya mengenal tetapi melaksankan. Kata Pak Ndol. Selanjutnya dia menjelaskan sedikit tentang lesson study  dan dilanjutkan dengan penjelasan tata tertib pelaksanaan lesson study mulai dari Plan, Do, See yang merupakan tahapan LS. Setelah itu, guru model menjelaskan kegiatan pembelajaran yang kan dilaksanakan.Pada akhir pra open class ini Pak Ndol berkata” Bapak/ibu mari kita ke kelas”

Open Class

Open class hari ini dilaksankan di kelas 8C dengan materi dendam dan munafik. Kelas 8E berada tidak jauh dari tempat pertemuan. Sampai diruang kelas para siswa terlihat antusias untuk belajar.Guru model membuka pelajaran dengan berkata” Anak-anak coba lihat dibawah meja-masing-masing” secara serentak semua siswa mengambil sampah yang ada dan dibuang ketempat sampah.Open Class berlangsung sangat baik, siswa-siswi kelas 8E yang berjumlah 40 tersebut terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelajaran hal tersebut terlihat dari proses Tanya jawab yang terjadi, proses diskusi kelompok yang hidup, serta presentasi kelompok yang cukup baik dari semua kelompok yang tampil.

Refleksi

Luarbiasa” diluar dugaan, ternyata kegiatan refleksi berlangsung sangat baik, sangat berbeda pada saat saya mengikuti kegiatan LS yang pertama. Pada saat itu refleksi itu terjadi hanya seperti pamdangan mata. Tetapi refleksi yang terjadi kali ini sangat berkualitas, bukan hanya permasalahan siswa yang diungkapkan tetapi solusi dari permasalahan juga sudah disampaikan.Saking asyiknya kegiatan refleksi, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 14.15 WIB. Akhirnya Kegiatan ditutup dengan mengungkapkan pelajaran yang dapat diambil dari pembelajaran yang sudah diamati( lesson learnt) (Ahmad Fadloli)

Leave a Reply

%d bloggers like this: