PRA OPEN CLASS LESSON STUDY

https://youtu.be/OKLKo3gkeA4

https://youtu.be/GrLse5f77UM
https://youtu.be/GrLse5f77UM

Kegiatan MGMP Sekolah berbasis Leson Study di SMPN 4 Kotabaru, Karawang pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020 memasuki tahapan open class atau dikenal dengan open lesson.

https://youtu.be/X7VqOkUoOPI

Kegiatan yang berlangsung di semester 1 tersebut menempatkan delapan guru model yang akan melaksanakan open class sebagai perwakilan dari setiap mata pelajaran.

Adapaun guru- guru yang akan melaksankan open class adalah sebagai berikut:

  1. Soni Wijaya, S.PdI (PABP)
  2. Ulfah Hasanah, S.Pd (PKn)
  3. Rofikoh, S.S ( Bahasa Indonesia)
  4. Nandang, S.Pd (Matematika)
  5. Safitri Eka Lestari, S.Pd (IPA)
  6. Ani Noveliani, S.E (IPS)
  7. Sri Depi Ruswiyani, S.Pd ( Bahasa Inggris)
  8. Muty Handayani, S.Pd (Prakarya)
https://youtu.be/lhRf4WdgR0g
https://youtu.be/lhRf4WdgR0g

Open class merupakan tahapan dalam kegiatan lesson study setelah tahapan plan. Pada kegiaan plan tersebut semua guru sesuai dengan mata pelajaran atau bisa dikatakan MGMP mata pelajaran di tingkat sekolah melakukan kegiatan merancang pembelajaran bersama. Hasil dari merancang pembelajran bersama tersebut, selanjutnya akan diimplementasikan dalam pembelajaran oleh seorang guru yang ditunjuk sesuai kesepakatan bersama. Guru yang menjadi model hasil kesepatan bersama tersebut dinamakan “guru model”. Sebelum pelaksanaan pembelajaran (open Class) dilaksanakan, guru model melaksanakan kegiatan yang dinamakan Pra Openclass.

https://youtu.be/WdnE1QZh2RE
https://youtu.be/WdnE1QZh2RE

Apa dan Bagaiman Pra Open Class dilaksanakan?

Di dalam buku “ Lesson Study Model Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, hal. 95 dinyatakan:

Pada tahap ini semua guru peserta yang akan menjadi observer pada pembelajaran yang akan dilaksanakan berkumpul di ruangan untuk mendapatkan gambaran singkat dari guru model tentang materi, kondisi siswa, serta tujuan yang diharapkan dari kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung, menerima RPP yang akan digunakan untuk open lesson. Kegiatan tersebut dipandu oleh seorang moderator dan satu orang notulen. Tugas moderator adalah mengatur jalannya kegiatan, membacakan/mengingatkan kembali tata cara observer dalam kegiatan observasi pembelajaran serta membuat komitmen-komitmen terhadap kegiatan.

Pelaksanaan Pra open class idealnya seperti penjelasan di atas, tetapi yang menjadi inti dari kegiatan tersebut adalah pemaparan oleh guru model terhadap pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dengan demikian, maka observer memahami alur pembelajaran yang akan di amati.

https://youtu.be/PUvbizaoD-0
https://youtu.be/PUvbizaoD-0

Leave a Reply

%d bloggers like this: