MODEL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (KOS) GABUNGAN DI ERA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA  

Penulis: Ahmad Fadloli

#CeritaPakNdol

Gusndol.com

Sebagian besar Satuan Pendidikan pada tahun ajaran 2022/2023 telah menerapkan  Kurikulum ganda. Bagi sekolah diluar sekolah pengegrak Angkatan I, kelas VII menerapkan Kurikulum Merdeka sedangkan kelas VIII dan IX masih menerapkan Kurikulum 2013. Bagi sekolah penggerak Angkatan I, mereka sudah menerapkan kurikulum merdeka untuk kelas VII dan VIII dan Kurikulum 2013 untuk kelas IX. Penerapan dua kurikulum dalam satuan Pendidikan tersebut juga berimplikasi terhadap jumlah dokumen kurikulum yang di kembangkan oleh satuan Pendidikan.

Jumlah dokumen kurikulum bagi sekolah dengan kondisi seperti di atas tentu ada dua. Dokumen pertama adalah dokuem untuk kurikulum 2013 dengan nama: Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan dokumen kedua adalah dokumen untuk kurikulum merdeka dengan nama Kurikulum Operasional Sekolah (KOS).

Dari dua dokumen kurikulum tersebut, sekolah dapat membuat dengan cara terpisah antara dokumen KTSP dengan dokumen KOS. Jika sekolah memilih cara ini maka, mereka mempunyai dua dokumen kurikulum. Adapun bagi sekolah memilih cara menggabungkan antara dokumen KTSP dengan dokumen KOS. Jika sekolah memilih car aini, maka mereka memiliki satu dokumen kurikulum.

 Adapun perbedaan  model dokumen terpisah dengan model dokumen gabungan   adalah sebagai berikut:

1. Model Dokumen Kurikulum Terpisah

Satuan Pendidikan dengan model kurikulum terpisah artinya Satuan Pendidikan tersebut Menyusun dokumen kurikulum sebanyak dua dokumen yaitu: Dokumen kurikulum untuk tingkatan kelas yang masih menerapkan kurikulum 2013 dengan mengadakan Review dan Revisi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah ada tahun sebelumnya dan dokumen kurikulum untuk tingkatan kelas yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengadakan kegiatan penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) bagi sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka kelas VII dan melaksankan review dan revisi KOS bagi sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka kelas VII dan VIII.

Bagaimana model dokumen kurikulum terpisah untuk kelas yang menerapkan kurikulum merdeka?

Untuk memahami lebih rinci dan jelas, kita dapat mencermati tulisan tentang komponen KOS di Kurikulum merdeka pada link di bawah ini.

2. Model Dokumen Kurikulum Gabungan

Model dokumen kurikulum gabungan artinya  satu dokumen kurikulum tersebut di dalamnya terdapat isi untuk kelas dengan pelaksanan kurikulum merdeka dan di dalamnya juga ada isi untuk kelas dengan pelaksanaan kurikulum 2013.

Sistematika Dokumen Kurikulum Gabungan

Pada dasarnya sistematika dokumen kurikulum gabungan sama dengan sistematika dokumen kurikulum terpisah seperti penjelasan yang ada di tulisan blog di atas. Tetapi ada beberapa bagian-bagian yang digabungkan.

Untuk lebih jelasnya apa saja poin-poin dokumen kurikulum gabungan. Mari kita cermati di bawah ini

Adaptasi dan Modifikasi Dokumen KOS oleh Ahmad Fadloli

Sebagai ilustrasi dokumen KOS SMPN 4 Kotabaru tahun pelajaran 2022/2023 seperti terlihat pada gambar di atas. Dari sistematika tersebut di atas dapat kita cermati bagian F yaitu: Pengorganisasian Pembelajaran SMPN 4 Kotabaru. Disana terlihat pengorganisasian pembelajaran terbagi menjadi 2 yaitu satu, Kelas VII dan VIII dengan kurikulum merdeka. Kedua, kelas IX dengan kurikulum 2013. Selain itu, yang berbeda dari sistematika yang lain adalah pada bagian H.

Pada bagian H tersebut tertulis program  tertulis Program Sekolah. Poin tersebut adalah poin tambahan inisiatif saya. Menurut saya program yang sedang dilaksankan oleh sekolah seyogyanya di cantumkan dengan demikian, maka siapaaun yang membaca kurikulum sekolah akan memahami program apa saja yang sedang dijalankan oleh sekolah tersebut.

Sebagai contoh: SMPN 4 Kotabaru tahun ajaran 2022/2023 sedang menjalankan tiga program besar yaitu: Program Sekolah Penggerak; Program Sekolah Pancasila; dan Program Sekolah Berketahanan Iklim. Selain itu, menurut saya sekolah juga dapat memasukkan poin-poin lain sesuai dengan program sekolah dan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh dokumen kurikulum operasional sekolah gabungan yang dikembangkan oleh SMPN 4 Kotabaru, saudara dapat mengunduh pada link di bawah ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: